10 Jurusan Kuliah yang Tidak ada Hitung Menghitung

Matematika atau kegiatan yang melibatkan hitung-menghitung menjadi salah satu aktivitas yang paling menguras otak. Tidak heran, kita mungkin merasakan kelelahan dan beban berat setelah belajar matematika. Hasilnya, kita tidak bisa lancar untuk mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya.

Padahal, matematika ataupun hitung-hitungan bukanlah satu-satunya tugas atau pelajaran yang harus kita kuasai. Masih ada banyak sekali kegiatan yang harus kita lakukan, serta pelajaran yang harus kita kuasai.

Hal tersebut membuat pelajaran matematika atau kegiatan hitung menghitung menjadi salah satu momok menakutkan bagi sebagian orang. Bagi kamu yang sudah muak berurusan dengan matematika dan hitung-menghitung, dan berharap tidak akan pernah bertemu dengan mereka lagi, berikut 10 jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya.

1. Sastra

Kalau Kamu masuk ke jurusan ini, Kamu akan lebih banyak belajar tentang sastra dan kebudayaan dari tiap-tiap negara. Tidak heran, jurusan ini masuk dalam Fakultas Ilmu Budaya. Apa yang kamu harus lakukan hanya menentukan minat. Apakah mau memfokuskan diri pada sastra daerah, sastra Indonesia, atau sastra jepang, atau sastra asing lainnya. Semua jurusan tersebut jauh sekali dari matematika.

2. Pendidikan Bahasa

Sama seperti jurusan sastra, jurusan pendidikan bahasa juga tidak ada matematikanya. Jurusan ini mempersiapkan Kamu untuk menjadi guru Bahasa. Apa yang akan kamu pelajari di sini adalah bagaimana struktur sebuah Bahasa yang baik dan benar, serta bagaimana cara untuk mengajarkan pengetahuan tersebut kepada orang lain.  Jadi tentu saja, Kamu tidak perlu hitung-hitungan untuk menjadi guru pelajaran bahasa.

3. Hubungan Internasional

Hubungan internasional atau HI ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada jurusan ini, Kamu akan lebih banyak belajar tentang suatu negara, budaya universal mereka, serta hukum-hukum yang mereka terapkan. Alih-alih berhitung, kamu akan lebih banyak belajar tentang public speaking, cara bernegosiasi, dan melakukan diplomasi. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang malas hitung-hitungan dan lebih suka berbincang dengan orang-orang baru

6. Sendratasik

Sendratasik adalah singkatan dari Seni, Drama, Tari dan Musik. Dari namanya saja, sudah bisa dipastikan bahwa jurusan-jurusan tidak membutuhkan kemampuan hitungan. Bagi kamu yang suka berimajinasi, memiliki daya improvisasi dan daya cipta yang tinggi tapi tidak mau terlibat dengan matematika, mungkin jurusan ini cocok untuk kamu.

4. Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah seni. Oleh karena itu, jurusan ini sangat jauh dengan matematika. Pada jurusan ini kamu akan belajar tentang cara menulis berita, public speaking, membuat film, animasi, membuat iklan, desain, fotografi, dan masih banyak pelajaran seru lainnya. Inti dari ilmu komunikasi adalah bagaimana cara menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain dengan cara yang paling menyenangkan. Alih-alih sibuk berkutat dengan angka, Kamu mungkin akan disibukkan dengan belajar seluk beluk media dan proses produksi film. Menyenangkan bukan?

5. Desain Visual

Di jurusan ini, Kamu akan lebih banyak menggunakan otak kanan untuk mendesain sebuah karya. Jadi, kamu tidak perlu dipusingkan lagi dengan hitung-hitungan karena apa yang kamu butuhkan hanyalah intuisi dan daya cipta yang tinggi. Kamu bisa memilih masuk jurusan desain komunikasi visual, desain grafis, desain interior, atau desain yang lainnya. Semua jurusan tersebut tidak memiliki hitung-hitungan, kecuali desain bangunan atau yang sering kita sebut arsitektur.

7. Kriminologi

Jurusan ini lebih menekankan pada evaluasi bukti, pemikiran kritis, analisis data, penilaian etis, dan berbagai kecakapan a la detektif yang lain. Dibekali dengan ilmu hukum dan sosial, mahasiswa Kriminologi dilatih untuk mengolah perilaku masyarakat dalam menelusuri setiap kasus hingga menemukan solusi. Alih-alih menganalisis angka dan menghitung, kamu akan lebih sering melakukan analisis terhadap perilaku manusia. 

8. Sejarah

Jurusan ini memang masih berhubungan dengan kombinasi angka, tapi Kamu tidak perlu menghitungnya. Kamu hanya perlu menghafal tanggal dan tahun bersejarah. Dengan mempelajari peristiwa masa lampau, kita bisa belajar hikmah, fenomena, karakter, dan banyak hal lain yang dapat kita bandingkan dengan keadaan kita masa kini.

9. Filsafat

Jika kamu tipe orang yang tidak suka menghitung tapi suka merenung, jurusan ini mungkin cocok untukmu. Di jurusan filsafat, kamu akan diajak memikirkan hakikat kehidupan manusia di dunia, penciptaan alam semesta, dan berbagai topik menarik lainnya. Filsafat memerlukan orang-orang yang dapat berpikir logis dan kritis, suka membaca, gemar berdiskusi, dan rajin menulis. Orang-orang yang kuliah di jurusan filsafat adalah pendebat hebat.

10. Hukum

Belajar ilmu hukum membutuhkan pendalaman konsep dan teori yang tak tanggung-tanggung. Alih-alih menghitung deretan angka, Kamu akan disibukkan untuk menghafal pasal-pasal dan Undang-Undang. Selepas pembelajaran teori selama kuliah, mahasiswa Ilmu Hukum biasanya mendapat kesempatan untuk praktek di firma-firma hukum, pengadilan, atau kejaksaan. Cukup menjanjikan bukan?

Meskipun 10 jurusan yang telah disebutkan tidak memiliki mata kuliah matematika, akan tetapi kegiatan hitung-menghitung akan tetap ada di setiap jurusan, yaitu statistik dasar yang akan membantu kamu dalam penulisan skripsi atau tugas akhir. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena mata kuliah tersebut hanya diajarkan secara sekilas, dan saat ini sudah ada alat atau software yang bisa memudahkanmu dalam mengolah data untuk kepentingan skripsi atau tugas akhir.

Itulah 10 jurusan kuliah yang tidak ada hitung menghitung.

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *