5 FAKTA HABIB RIZIEQ YANG KONTROVERSIAL

Nama habib rizieq akhir akhir ini viral atas kepulangannya dari saudi arabia setelah beberapa lama menetap disana. Tokoh agama ini sering menjadi kontoversial dan bahan perbincangan di seluruh indonesia lantaran aksi aksinya yang berani menentang pemerintahan indonesia. Banyak orang yang menganggap bahwa aksi aksi habib rizieq Tidak sesuai dengan ajaran agama islam, namun banyak juga yang sependapat dengan habib kalau orasi dan demo menentang pemerintahan adalah jalan yang jitu untuk menyampaikan pendapat politik. 

Tidak sampai disana, artis nikita mirzani juga ikut viral atas ocehannya mengenai habib rizieq di sosial media. Pengikut habib rizieq berencana akan menangkap dan mengepung rumah nikita mirzani dan mengancam akan memenjarakannya. 

Begitu banyak pro dan kontra setelah kepulangan habib rizieq ini. Namun sebenarnya siapa sih sosok habib rizieq ini? Mari kita kupas dalam 5 fakta habib rizieq yang perlu di ketahui 

1. Pimpinan front pembela islam (FPI) 

Habib merupakan ketua atau pimpinan front pemela islam atau FPI yang mana FPI di deklarasikan pada tahun 1998 dengan landasan membela keutuhan dan persatuan umat islam di indonesia. FPI secara berangsur menerapkan hukum syariah dengan visi membuat khilafah di indonesia yang mana sedikit banyaknya mirip dengan konsep kenegaraan arab saudi. FPI berkembang pesat di indonesia karena merekruit anak muda dan fokus pada penyiaran di pesantren pesantren, lembaga dakwah islam dan mahasiswa mahasiswa. FPI mempunyai 5 lembaga khusus yaitu badan investasi front, badan anti teror, badan pengkaderan front, badan ahli front dan badan amil zakat. FPI juga mempunyai 5 anak organisasi otonom yang terdiri dari laskar pembela islam, mujahidah pembela islam, front mahasiswa islam dan serikat pekerja front. Masing masing lembaga ini mempunyai peran yang penting dalam mengembangkan keorganisasian FPI.

2. Pendidikan 

Habib merupakan keturunan Arab saudi, lahir di Jakarta pada tahun 24 Agustus tahun 1965 yang mana orang Tuanya juga keturunan arab saudi. Habib Pindah ke saudi arabia pada tahun 1990 untuk melanjutkan kuliah sarjananya di Universitas king saud di riyadh, Arab saudi. Habib mengambil jurusan pendidikan islam dan usul afiq yang mana dia berhasil lulus dengan prediket cum laude. Habib juga sempat mengenyam pendidikan masternya di Universitas sains islam Malaysia selama 1 tahun dan juga akhirnya mengambil jurusan hukum sariah di Universitas yang sama pada tahun 2008. Habib menulis penelitian atau tesisnya di Indonesia yang berjudul “Pengaruh Pancasila terhadap Pelaksanaan Syariat Islam di Indonesia’ yang mana tesis ini menjadi salah satu tesis terbaik di Universitas itu. 

3. Sejarah Habib membawa FPI Masuk ke ranah politik indonesia 

FPI kerapkali dituding sebagai kelompok yang mendapatkan perlindungan politik dari beberapa tokoh terkemuka atau bahkan dari aparat keamanan. Kecurigaan ini seringkali muncul karena FPI seakan-akan kebal dari hukum atas aksi-aksi main hakim sendiri yang pernah mereka lakukan. 

Habib dinilai dekat dengan orang-orang di sekitar Soeharto, khususnya Prabowo Subianto yang merupakan menantunya sekaligus seorang perwira tinggi militer pada tahun 1998. Setelah Prabowo diberhentikan dari TNI terkait penculikan aktivis, FPI mengalihkan dukungannya kepada Jenderal Wiranto. 

Dukungan FPI terhadap Wiranto terlihat dalam aksi ratusan milisi FPI ketika menyatroni kantor Komnas HAM untuk memprotes pemeriksaan terhadap Jenderal Wiranto dalam kasus Mei 1998. Sementara kedekatan dengan ABRI/TNI terlihat dalam aksi demonstrasi tandingan yang dilakukan FPI melawan mahasiswa penentang RUU Keadaan Darurat/RUU PKB yang diajukan Mabes TNI kepada DPR pada tanggal 24 Oktober 1999. 

Beberapa tokoh yang diduga turut memberikan dukungannya terhadap FPI adalah Kapolda Metro Jaya tahun 1998-1999 Mayjen (Pol) Nugroho Djayoesman dan Pangdam Jaya (selanjutnya diangkat menjadi Pangkostrad) Mayjen TNI Djaja Suparman. Riset ISAI mencatat FPI sempat mendatangi Polda Metro Jaya untuk meminta aparat Polda tidak ragu memberantas narkoba.

FPI juga kerap mengadakan pertemuan informal dengan para petinggi militer, seperti yang pernah dilakukan dengan Mayjen Djaja Suparman di Hotel Milenium Jakarta, menjelang pelaksanaan Sidang Umum MPR 1999. Para petinggi militer dan kepolisian, khususnya di tingkat Daerah Khusus Ibukota Jakarta, beberapa kali menghadiri apel siaga yang dilakukan FPI maupun ormas-ormas lain yang menyandang nama “PAM Swakarsa”. 

Dukungan-dukungan kepada kubu-kubu tertentu yang memiliki pengaruh politik merupakan salah satu metode yang digunakan FPI untuk masuk ke dalam politik praktis. Meskipun FPI atau tokoh-tokohnya tidak terjun langsung menjadi politikus, namun kedekatan dengan aktor-aktor politik sangat berguna khususnya untuk melindungi sepak-terjang FPI yang seringkali melanggar hukum. 

4. Habib rizieq keturunan rasulullah 

Beberapa waktu lalu kita pasti mendengar berita yang viral di sosial media kalau habib sebenarnya adalah keturunan rasulullah. Sebuah pesan yang menyatakan kalau habib memiliki silsilah keturunan nabi Muhammad ke 38. Namun sebenarnya hal itu Tidak benar, karena menurut beberapa sumber termasuk suara,com berita itu Tidak ada landasannya, oleh karena itu bisa dikatakan hoax atau tidak benar. 

5. Kontroversi kepulangan habib Rizieq 

Setelah tertahan di Arab Saudi selama puluhan bulan dan membayar sekitar 110 juta rupiah untuk denda overstay di negara orang, kepulangan habib Rizieq membawa kabar yang menghebohkan bagi para pengikutnya. Hal tersebut tak lepas dari dugaan bahwa pemerintah Indonesia berkonspirasi untuk menutup portal dan menahan habib Rizieq terus di Arab Saudi karena dendam politik. Selain itu, pengaruh habib Rizieq dinilai terlalu besar sehingga ia dianggap tokoh atau pendakwah yang berbahaya bagi keutuhan NKRI. Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana sambutan para pengikutnya pada acara kedatangannya. Banyak para pengikut yang mengelu elukan habib Rizieq bagaikan nabi mereka sendiri. Bahkan di Arab sendiri, habib Rizieq merupakan salah satu tokoh yang cukup ditakuti. Hal ini bisa dilihat dari aturan dan pelarangan habib Rizieq untuk bepergian.

Itulah 5 fakta habib Rizieq yang harus kamu ketahui. Menurutmu apakah sosok habib Rizieq sepenting atau seberbahaya itu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *