Lowongan Kerja Yang Cocok Untuk Fresh Graduate Supaya Tidak Menganggur

Salah satu kesulitan yang kerap dihadapi oleh para pencari kerja adalah persyaratan yang memberatkan. Bagi seorang freshgraduate, pengalaman kerja menjadi momok yang sangat menakutkan. Hal ini membuat pilihan pekerjaan para freshgraduate menjadi sangat terbatas. Tidak heran, para freshgraduate sampai menganggur selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sampai mereka mendapatkan pekerjaan idaman. 

Hal tersebut dikarenakan para pengusaha atau pemilik usaha menginginkan lulusan atau pencari kerja yang sudah teruji dan berpengalaman. Mereka tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengadakan pelatihan atau pengembangan sumberdaya. Akibatnya, mereka memasang banyak persyaratan yang sangat merugikan bagi para freshgraduate.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Dari sekian banyak lahan pekerjaan, ada kok yang tidak mendewakan pengalaman atau Riwayat pekerjaan. Beberapa lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan tertentu justru lebih menyukai para pelamar muda dan menarik. Siapa sajakah mereka? berikut kami sajikan 10 profesi yang cocok untuk freshgraduate, yang bisa dilamar oleh mahasiswa dari semua jurusan

1. Management Trainee

Program ini diperuntukan buat kamu-kamu yang baru lulus. Umumnya, perusahaan tidak terlalu memperhatikan jurusan atau pengalaman kerjamu. Mereka sendiri yang akan membekalimu dengan sejumlah pelatihan untu menduduki posisi top atau strategis. Rata-rata program ini memakan waktu sekitar 2 tahun. Kalau kinerja kamu selama pelatihan oke, kamu bakalan langsung diangkat ke posisi yang strategis seperti supervisor misalnya.

Karyawan yang masuk lewat jalur ini bakalan lebih singkat dan cepat buat naik pangkat ketimbang yang masuk lewat jalur reguler. Melalui program ini, para fresh graduate bakal dibentuk sesuai dengan ekspektasi perusahaan, sehingga perusahaan tesebut juga yakin dengan kinerja kamu.

Materi pelatihannya pun tidak sembarangan, kamu bakal diperkenalkan seluk-beluk perusahaan sampai ke masing-masing posisi. Dengan harapan kamu bisa mengenal setiap tugas dan siap diposisikan di divisi manapun. Tapi proses seleksinya tidak mudah, mengingat program ini sangat populer di kalangan fresh graduate, kamu harus berkompetisi dengan banyak kandidat.

2. Bekerja di Bank

Salah satu pekerjaan primadona bagi para freshgraduate adalah pegawai bank. Selain menawarkan fasilitas dan gaji yang besar, kesempatan untuk berkarir dalam dunia perbankan akan terbuka lebar Sayangnya, mereka menuntut syarat yang tinggi dari para pelamar. Khususnya, jika kamu melamar sebagai posisi manajerial. Setelah seleksi administrasi, kamu masih harus dihadapkan dengan serangkaian tes psikologi, kemampuan dasar, hingga tes kesehatan. Tidak sampai di sana, kamu juga akan mengikuti serangkaian pelatihan sebelum benar-benar ditempatkan dalam cabang tertentu. 

Tidak jarang banyak orang yang menyerah dalam proses tersebut karena tingginya tekanan kerja. Akan tetapi, hasil yang akan kamu dapatkan tidak akan pernah mengkhianati usaha dan pengorbanan yang telah kamu berikan. Bekerja di bank sangat cocok untuk para freshgraduate karena umumnya pihak bank tidak terlalu menuntut pengalaman kerja. Khususnya, pada posisi seperti teller dan dan customer service. Bahkan, semakin muda dan menarik, semakin baik.

3. Customer Service

Selain bekerja di bank, banyak juga perusahaan lain yang membutuhkan jasa customer service atau telemarketing. Memang pekerjaan ini lebih cocok untuk mahasiswa komunikasi. Akan tetapi mereka tidak begitu mempermasalahkan persyaratan tersebut. Modal utama untuk bisa diterima sebagai customer service sebuah perusahaan adalah skill komunikasi yang baik. 

Kamu bisa menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang sabar, menyenangkan dan bisa bekerja di bawah tekanan pada tahap interview. Tidak peduli apa jurusanmu, berapa lama pengalaman kerjamu, asalkan kamu bisa membuat orang lain nyaman ngobrol denganmu, kamu akan sangat cocok bekerja sebagai customer service. Biasanya, pekerjaan semacam ini banyak ditemui pada perusahaan yang menjual jasa.

4. Sales & Marketing

Bagi kamu yang gampang bosan jika bekerja di depan komputer dan berdiam diri di kantor, pekerjaan sebagai sales dan marketing mungkin cocok buatmu. Selain mencari prospek pelanggan di kantor, kamu diharuskan untuk melakukan serangkaian survei dan melakukan kampanye untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan tempatmu bekerja. Hanya saja, pekerjaan ini penuh dengan tekanan dan target yang harus kamu capai. Tapi tenang saja. Biasanya aka nada bonus atau reward jika kamu berhasil menyelesaikan target penjualan yang ditentukan oleh perusahaan.

5. Agen Asuransi

Tidak jauh berbeda dengan sales dan marketing, agen asuransi memiliki tekanan kerja dan target yang tinggi. Hanya saja, apa yang kamu jual benar-benar berbeda. Jika sales dan marketing umumnya menjual barang dan jasa, seorang agen asuransi menjual jaminan. Entah itu jaminan kesehatan, keselamatan kerja, hari tua, maupun jaminan pendidikan. Pada dasarnya, seorang agen asuransi memiliki beban dan tanggung jawab yang lebih besar daripada sales dan marketing kebanyakan. Karena mereka dituntut untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli suatu barang atau jasa yang tidak jelas apa wujudnya. Jika kamu memiliki bakat untuk membujuk atau merayu orang lain, maka kamu sangat cocok bekerja sebagai agen asuransi.

6. Public Relation

Bekerja sebagai seorang Humas atau Public Relation tentu tidak butuh dari jurusan yang spesifik, misalnya hanya menerima dari jurusan komunikasi saja. Kamu dari jurusan kedokteran pun bisa menjadi seorang Humas asal memiliki jaringan yang luas dan mampu berkomunikasi dengan baik. Poin penting dari seorang humas adalah sebagai penengah antara Lembaga atau perusahaan dengan masyarakat. Biasanya, ada semacam ketegangan yang terjadi antar perusahaan dengan masyarakat. Sehingga, mungkin kamu akan dihadapkan dengan konflik dan tugasmu adalah menyelesaikan atau setidaknya membuat situasi konflik menjadi lebih terkendali. Bagi kamu yang memiliki keahlian untuk lobbying, public relation mungkin cocok sebagai pekerjaan pertamamu.

7. Guru Sekolah Swasta

Jika pekerjaan yang telah disebutkan tidak cocok untukmu, sebagai seorang freshgraduate, kamu bisa menyalurkan pengetahuan yang kamu miliki kepada generasi muda. Mendaftar sebagai dosen ataupun guru sekolah negeri mungkin terdengar menjanjikan. Tapi dengan status freshgraduate, bukan dari jurusan favorit, kampus biasa-biasa saja, dan minim pengalaman kerja, kamu akan dengan mudah disingkirkan oleh competitor lainnya. 

Oleh karena itu, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan sedikit menurunkan standarmu. Bekerja sebagai guru sekolah swasta bisa menjadi pilihan. Meskipun jenjang karirnya tidak secerah jika bekerja di sekolah negeri, namun pekerjaan ini tidak terlalu buruk untukmu. Selain itu, gaji guru sekolah swasta bisa dibilang lumayan. Menjadi guru sekolah swasta hanyalah batu loncatan untuk benar-benar berkarir di dunia pendidikan.

8. Freelancer

Kamu memiliki beberapa keahlian? Atau tidak begitu tertarik bekerja di perusahaan atau instansi tertentu? Mungkin menjadi freelancer adalah pilihan terbaik untukmu. Selain memiliki jam kerja yang fleksibel pekerjaan freelancer umumnya bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh. Kamu juga memiliki berbagai sumber penghasilan lain. 

Umumnya, keahlian yang bisa kamu jual sebagai seorang freelancer adalah keahlian copywriting, desain dan video editing. Tapi jika kamu memiliki keahlian unik lainnya seperti voice over, kamu bisa menjual keahlianmu secara online. Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk menjual jasamu. Mulai dari sribulancer, fiverr, atau upwork. Jika kamu menginginkan honor yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk menjual jasamu untuk pelanggan-pelanggan internasional.

9. Admin Perusahaan

Sekarang ini banyak perusahaan kecil, home industri, hingga toko-toko yang membuka lowongan admin. Nah, posisi ini bisa banget dilamar untuk para fresh graduate asalkan Kamu seorang yang teliti, rapi, dan menyukai angka. Sebagai seorang admin, kamu diharuskan menguasai program-program komputer dasar seperti Microsoft work, power point dan excel. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki keahlian dan hobi untuk mengutak-atik program komputer karena itu akan menjadi nilai plus tersendiri. Meskipun tidak terlalu bergengsi dan cenderung menjenuhkan, pekerjaan sebagai admin sangat cocok untuk seorang freshgraduate yang belum punya banyak pengalaman, dan bisa dilamar dari berbagai jurusan.

10. Wirausaha

Apa bila tidak ada satu pun pekerjaan yang mau menerimamu, mungkin kamu memang tidak cocok untuk menjadi pekerja. Membangun bisnis sendiri tidak mensyaratkanmu untuk memiliki ijazah, atau berkuliah di jurusan dan kampus ternama. Apa yang paling kamu butuhkan adala wawasan, intuisi bisnis, jaringan dan pemodalan. Akan tetapi, kamu tidak perlu terlalu merisaukan pemodalan karena kamu bisa memulai bisnismu dari berntuk yang paling kecil. Gali kembali minat dan potensimu, karena ada banyak sekali kesempatan yang mungkin kamu lewatkan karena terlalu sibuk untuk mencari-cari pekerjaan. 

Itulah 10 Lowongan Kerja yang Cocok untuk Freshgraduate Supaya Tidak menganggur. Meskipun 10 profesi yang telah disebutkan tidak terlalu mempermasalahkan pengalaman atau Riwayat kerja, ada baiknya kamu sudah melengkapi portofolio semenjak duduk di bangku kuliah.

Kamu bisa magang di beberapa perusahaan, melakukan pekerjaan paruh waktu, berpartisipasi dalam program sukarela, atau memulai bisnis kecil-kecilan hingga kamu siap untuk melakukan expansi setelah lulus kuliah. Sekecil apapun itu, semuanya layak untuk dicoba asalkan kegiatan tersebut dapat menambah pengalaman, wawasan, relasi serta kesempatanmu untuk berkarir.

Sehingga saat lulus dari kuliah, kamu memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan profesi atau pekerjaan yang kamu ingin geluti. Akan tetapi jika kamu sudah terlanjur lulus dan tidak memiliki modal pengalaman kerja yang cukup untuk mendaftar pada perusahaan idaman, kamu bisa menerima pekerjaan kecil atau paruh waktu. Meskipun pekerjaan dan gajinya tidak seberapa dan bertolak belakang dengan kualifikasimu, namun pengalaman adalah pengalaman. Sekecil apa pun itu, pengalaman menunjukkan kesungguhan dan kemauanmu untuk bersaing di dunia kerja.

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *