Tips belajar matematika yang ampuh, 1 minggu langsung bisa

Matimatika tau hitung-menghitung adalah salah satu mata pelajaran yang sangat dibenci dan dihindari. Hal tersebut dikarenakan matematika sangat sulit untuk dipelajari. Tingkat kesulitan dalam mengerjakan matematika umumnya sudah sampai membuat orang mual dan pusing kepala. Tidak heran, banyak siswa yang bercita-cita masuk jurusan sosial atau humaniora hanya karena ingin menghindari matematika. Sayangnya, bahkan di dalam jurusan sosial dan humaniora pun, kita masih harus berhadapan dengan matematika dan statistika untuk bisa lulus.

Pada akhirnya mau tidak mau, kita harus tetap belajar matimatika. Tapi jangan lemas dan patah semangat dulu. Meskipun dinobatkan sebagai pelajaran tersulit dan memusingkan, pelajaran matematika tetap bisa kita takhlukkan jika tahu cara yang tepat. Oleh karena itu, berikut kami sajikan tips belajar matematika yang ampuh.

Dengan tips ini, mudah-mudahan kamu bisa memahami seluruh teori dan aplikasi matematika dalam waktu 1 minggu.

1. Merubah Pola Pikir

Banyak orang kesulitan belajar matematika karena sejak awal mereka meyakini bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi banyak sekali persamaan, teori, dan soal matematika yang terlihat rumit tapi sesungguhnya sederhana. Agar bisa cepat memahami matematika, kamu harus mensimulasikan proses pembelajaran sebagai suatu ajang permainan. Saat mengerjakan soal, bayangkan kamu sedang bermain petak umpet dengan jawaban soal tersebut. Ketika kamu meyakini bahwa matematika merupakan ajang permainan, kesalahan yang kamu buat tidak akan lantas membuatmu terbebani dan merasa bersalah. Justru kamu akan lebih semangat untuk mencari jawaban yang sesungguhnya. 

2. Pahami Konsep Rumus

Salah satu kesalahan paling umum dalam belajar matematika adalah menghapal rumus yang ada. Setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Pada satu waktu, kamu akan lupa dengan rumus apa saja yang telah kamu hapal. Berbeda jika kamu benar-benar memahami konsep rumus tersebut. Tanpa harus melihat catatan, kamu dengan mudah bisa mengerjakan soal apapun. Bahkan, dengan memahami suatu persamaan matematika, kamu bisa menciptakan rumusmu sendiri, atau cara tercepat untuk menyelesaikan soal matematika. Jadi, sesulit apapun soal matematika yang kamu hadapi, dengan memahami konsep dasar matematika, kamu bisa memecahkannya bahkan tanpa tahu rumus aslinya. Keren bukan?

3. Latihan Bersama

Jika kita bisa mengerjakan sebuah soal matematika, mengerjakannya berulang menjadi suatu kegiatan yang cukup menyenangkan. Kepuasan ketika berhasil menemukan jawaban, dan fakta bahwa jawaban kita adalah benar, merupakan suatu perasaan yang cukup menyenangkan. Akan tetapi, tidak demikian jika kita gagal menemukan jawaban atau jawaban yang kita dapat ternyata salah dan jauh dari kata benar. Oleh karena itu, cara terbaik untuk membuat matematika menjadi dekat adalah dengan berlatih bersama teman. Ajaklah teman yang cukup jago dalam mengerjakan matematika. Dengan mengerjakan matematika bersama, kalian akan menjadi lebih akrab. Selain itu, kamu akan lebih mudah menemukan jawaban. Sehingga, mengerjakan soal matematika menjadi lebih menyenangkan.

4. Catatan yang Enak Dipandang

Selain fokus untuk menyimak pelajaran, catatan merupakan kunci lainnya untuk bisa menguasai matematika 1 minggu langsung bisa. Catatan yang cantik dan rapi akan membuatmu betah belajar. Selain itu, kerapihan catatan membuatmu lebih cepat memahami atau mengingat pelajaran. Jika catatanmu saja acak-acakan, kamu akan langsung malas belajar dan bahkan langsung pusing ketika memandang catatan yang tak karuan.

Selain memiliki catatan yang enak dipandang, proses mencatat juga harus diperhatikan. Alangkah lebih baik jika kamu tidak sekadar mencatat atau menyalin tulisan dari papan tulis atau catatan temanmu. Melainkan mengerjakan ulang atau mengulang penjelasan yang diberikan guru atau temanmu. Hal tersebut akan membuat ingatanmu bertahan lebih lama dari sekadar menghapal langkah atau rumus matematika.

5. Berani Bertanya

Malu bertanya hanya akan membuatmu berjalan di tempat. Matematika adalah proses yang kompleks. Kamu tidak bisa mendapatkan jawaban atau melanjutkan mengerjakan soal pada tahap yang lebih lanjut jika kamu tidak memahami dasar atau melewatkan langkah tertentu. Sekali kamu tidak mengerti, maka akan sangat sulit untuk mengejar ketinggalan. Oleh karena itu kamu harus memberanikan diri untuk bertama sampai sejelas-jelasnya. Bertanya tidak akan membuatmu terlihat bodoh. Justru bertanya membuktikan bahwa kamu benar-benar menyimak dan memperhatikan.

6. Aktif di Kelas

Selain berani bertanya, langkah kecil yang bisa membuatmu lebih bisa memahami dan menyukai matematika adalah dengan aktif menjawab. Meskipun salah, guru yang baik akan memberikan kamu apresiasi. Dengan apresiasi tersebut, kamu akan menjadi lebih semangat dan belajar lebih giat. Dengan begitu, matematika akan menjadi mata pelajaran yang menyenangkan bagimu. Meskipun demikian, pastikan untuk memberikan kesempatan bagi teman-teman lainnya untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. Untuk mendapatkan perhatian lebih dari gurumu, kamu bisa duduk di bangku terdepan. 

7. Ulangi

Setelah ujian berakhir, biasanya kamu akan menutup buku catatan dan melupakan pelajaranmu. Sayangnya, hal tersebut bukanlah keputusan yang bijak. Belajar matematika merupakan suatu proses panjang. Jika sudah paham, pastikan untuk sesekali mempelajari ulang konsep-konsep dasar matematika. Pada dasarnya, setiap konsep dan teori dalam matematika saling berhubungan. Semakin kamu sering mengulang, maka semakin kamu mudah untuk memahami konsep lainnya. Jika kamu saja tidak pernah belajar dan mengulang hal-hal dasar, bagaimana kamu bisa berharap 1 minggu langsung bisa matematika?

Itulah 7 tips belajar matematika yang ampuh. 

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *